26 Oktober 2015

Senin, Oktober 26, 2015
TEMPO.CO Surabaya:Direktoral Jendral (Ditjen) Pajak meluncurkan 15 fasilitas miniATM untuk pembayaran pajak secara elektronik. Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo mengatakan inovasi itu dikembangkan guna memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak di berbagai wilayah di Indonesia.

"Jangan sampai para wajib pajak dipersulit dalam memenuhi kewajibannya. Apabila mereka mempunyai ATM, tinggal gesek saja, sebab mereka juga ada yang pebisnis," kata Mardiasmo saat peluncuran di Kantor Wilayah DJP Jatim I, Surabaya, Jumat, 23 Oktober 2015.

Fasilitas miniATM itu menggunakan mesin "Electronic Data Capture" (EDC), yang pada tahap awal terselenggara atas kerjasama dengan Bank BRI dan Bank BNI.

Mardiasmo menambahkan, fasilitas tersebut adalah bagian dari inovasi Ditjen Pajak bagi wajib pajak, hanya dengan menggesek kartu debit di miniATM untuk memenuhi kewajibanya membayar pajak.

Maka, penggunaan miniATM itu didesain mudah. Wajib pajak cukup memasukkan kode billing untuk melakukan pembayaran atas semua jenis pajak. Kode tersebut dapat untuk masuk ke laman website pajak atau internet banking, kemudian tinggal menggesek kartu ATM.

"Seperti halnya pemesanan tiket kereta api, pesawat, atau pun hotel, keberadaan kode billing adalah kode nomer informasi pembayaran yang dihasilkan oleh sistem modul penerimaan generasi dua," kata Kepala Bidang P2Humas Kanwil DPJ Jatim 1 Teguh Pribadi Prasetya.

Keberadaan miniATM itu, kata Teguh, diharapkan mempermudah para wajib pajak membayar pajak. Sehingga ke depan akan segera dikembangkan ke seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Indonesia. "Ditjen pajak akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para wajib pajak, dan akan terus mengembangkan layanan miniATM ini," katanya.

Pada tahap awal, fasilitas pembayaran pajak melalui miniATM hanya tersedia di 15 Kantor KPP, antara lain KPP Pratama Jakarta Senen, KPP Pratama Jakarta Cengkareng, KPP Pratama Jakarta Setiabudi Satu, Jatinegara, Pluit.

Di Surabaya, fasilitas itu dapat dinikmati di KPP Pratama di wilayah Surabaya Wonocolo, Tegalsari, Genteng, Gubeng dan Paberan Cantikan.

Selain itu, KPP Pratama di wilayah Kepanjen Kabupaten Malang, KPP Pratama Denpasar Timur, KPP Pratama Bandung Selatan, dan KPP Yogyakarta, Sleman.

0 comments:

Posting Komentar